Traveloka adalah
perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara
daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis
operasional di Jakarta.
Dengan aplikasi
Traveloka ini para penggunanya akan dipermudah dengan pemesanan tiket pesawat
dan pencarian hotel dengan harga yang berbeda dengan harga normal dengan cara
pembayaran via ban
Sejarah
Perusahaan didirikan
pada tahun 2012[1] oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert.
Ide ini muncul disaat
Ferry Unardi sering mengalami kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama
disaat dia ingin pulang ke Padang, Indonesia, dari Amerika Serikat.
Pada awal konsepnya
Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket
pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka
kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat, di mana pengguna dapat
melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi
menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada
bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Fitur – fitur yang ada
dalam Traveloka:
- Search Flight : Dengan fitur ini kita akan mencari pemesanan penerbangan pada bandara terdekat area kita dengan tempat tujuan
- Search Hotel : Dengan fitur ini kita akan mencari pemesanan hotel yang ingin kita cari pada area tertentu
- Book Last Minutes Hotels : Dengan fitur ini kita akan menemukan hotel diprovinsi yg akan dikunjungi dengan rating tertinggi serta pemesanan sebelumnya pada user lain
- Fly Around The World : Dengan fitur ini kita dapat menentukan pemesanan penerbangan dari dalam negeri hingga keluar negeri (internasional)
- Stay Anywhere In The World : Dengan fitur ini kita dapat menentukan pemesanan hotel dari dalam negeri hingga keluar negeri (internasional)
Flowchart Traveloka
Deskripsi Flowchart:
Mulai
Ketika pertama kita
membuka aplikasi traveloka kita diminta untuk login, login dengan
email/facebook
Travel
ANTARA – TRAVELOKA
Merupakan dua
perusahaan yang bekerjasama dalam bidang jasa penjualan tiket. Berikut ini
poses penjualan sampai dengan penerimaan kas dari pihak customer kepada pihak
travel.
Penjualan
Tiket - ( sistem informasi website online Traveloka )
Pelanggan atau customer
dapat melihat / mengecek harga tiket di website online Traveloka.
Customer
Memesan Tiket
Setelah melihat dan
menemukan harga tiket yang diinginkan beserta dengan tanggal keberangkatannya,
customer dapat langsung memesan tiket pada website Traveloka tersebut dengan
prosedur yang ada pada website tersebut.
YA
/ TIDAK
Jika customer telah
mengikuti prosedur pemesanan tiket, customer dapat mengklik YA/TIDAK untuk
mengkonfirmasi pemesanan. Jika setuju klik YA, jika batal memesan tiket klik
TIDAK.
Pendataan
Customer
Customer yang telah
setuju untuk memesn tiket akan didata ( identitas, jumlah orang, dll )
Transaksi
Pembayaran ( kartu kredit dan ATM )
Customer segera
melakukan pembayaran mlaui kartu kredit atau ATM kepada nomor rekening yang
tertera pada saat proses konfirmasi pemesanan tiket. ( teliti terlebih dahulu
sebelum melakukan transfer ) .
Pihak
Keuangan Melakukan Penctakan Tiket
Setelah customer
melakukan pembayaran, dan uang yang dibayarkan telah sampai, maka pihak keuangan akan langsung melakukan pencetakan
tiket. Kemudian
Administrasi
Kas
Uang yang dibayarkan
oleh customer akan langsung masuk ke bagian administrasi kas perusahaan.
Tiket
Tiket yang telah
dicetak akan langsung dikirimkan kepada customer melaui email atau bisa juga
langsung di print.
Customer
Tiket yang telah
dikirim akan sampai kepada customer dan bisa langsung digunakan sesuai degan
tujuan keberangkatan.
Selesai
Source:
http://windamelty.blogspot.co.id/2015/06/flowchart-sistem-penjualan-tiket-online.html
https://id.techinasia.com/cerita-inspirasi-startup-ferry-unardi-traveloka
www.jawaban.com/.../kesuksesan_traveloka_com_berawal_dari_pengalaman_pribadi
No comments:
Post a Comment