Tuesday, July 19, 2016

Penerapan Web Service pada aplikasi Traveloka




Traveloka adalah perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring dengan fokus perjalanan domestik di Indonesia. Traveloka memiliki basis operasional di Jakarta.
Dengan aplikasi Traveloka ini para penggunanya akan dipermudah dengan pemesanan tiket pesawat dan pencarian hotel dengan harga yang berbeda dengan harga normal dengan cara pembayaran via ban

Sejarah
Perusahaan didirikan pada tahun 2012[1] oleh Ferry Unardi, Derianto Kusuma, dan Albert.
Ide ini muncul disaat Ferry Unardi sering mengalami kesulitan dalam pemesanan pesawat, terutama disaat dia ingin pulang ke Padang, Indonesia, dari Amerika Serikat.
Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi situs reservasi tiket pesawat, di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.


Fitur – fitur yang ada dalam Traveloka:
  1.  Search Flight : Dengan fitur ini kita akan mencari pemesanan penerbangan pada bandara terdekat area kita dengan tempat tujuan
  2. Search Hotel : Dengan fitur ini kita akan mencari pemesanan hotel yang ingin kita cari pada area tertentu
  3. Book Last Minutes Hotels : Dengan fitur ini kita akan menemukan hotel diprovinsi yg akan dikunjungi dengan rating tertinggi serta pemesanan sebelumnya pada user lain
  4. Fly Around The World : Dengan fitur ini kita dapat menentukan pemesanan penerbangan dari dalam negeri hingga keluar negeri (internasional)
  5. Stay Anywhere In The World : Dengan fitur ini kita dapat menentukan pemesanan hotel dari dalam negeri hingga keluar negeri (internasional)




Flowchart Traveloka




Deskripsi Flowchart:

Mulai
Ketika pertama kita membuka aplikasi traveloka kita diminta untuk login, login dengan email/facebook

Travel ANTARA – TRAVELOKA
Merupakan dua perusahaan yang bekerjasama dalam bidang jasa penjualan tiket. Berikut ini poses penjualan sampai dengan penerimaan kas dari pihak customer kepada pihak travel.

Penjualan Tiket - ( sistem informasi website online Traveloka )
Pelanggan atau customer dapat melihat / mengecek harga tiket di website online Traveloka.

Customer Memesan Tiket
Setelah melihat dan menemukan harga tiket yang diinginkan beserta dengan tanggal keberangkatannya, customer dapat langsung memesan tiket pada website Traveloka tersebut dengan prosedur yang ada pada website tersebut.

YA / TIDAK
Jika customer telah mengikuti prosedur pemesanan tiket, customer dapat mengklik YA/TIDAK untuk mengkonfirmasi pemesanan. Jika setuju klik YA, jika batal memesan tiket klik TIDAK.

Pendataan Customer
Customer yang telah setuju untuk memesn tiket akan didata ( identitas, jumlah orang, dll )

Transaksi Pembayaran ( kartu kredit dan ATM )
Customer segera melakukan pembayaran mlaui kartu kredit atau ATM kepada nomor rekening yang tertera pada saat proses konfirmasi pemesanan tiket. ( teliti terlebih dahulu sebelum melakukan transfer ) .

Pihak Keuangan Melakukan Penctakan Tiket
Setelah customer melakukan pembayaran, dan uang yang dibayarkan telah sampai, maka pihak  keuangan akan langsung melakukan pencetakan tiket. Kemudian

Administrasi Kas
Uang yang dibayarkan oleh customer akan langsung masuk ke bagian administrasi kas perusahaan.

Tiket
Tiket yang telah dicetak akan langsung dikirimkan kepada customer melaui email atau bisa juga langsung di print.

Customer
Tiket yang telah dikirim akan sampai kepada customer dan bisa langsung digunakan sesuai degan tujuan keberangkatan.


Selesai




Source:
http://windamelty.blogspot.co.id/2015/06/flowchart-sistem-penjualan-tiket-online.html
https://id.techinasia.com/cerita-inspirasi-startup-ferry-unardi-traveloka
www.jawaban.com/.../kesuksesan_traveloka_com_berawal_dari_pengalaman_pribadi

Monday, April 4, 2016

Web Semantic (SOAP)

Web Semantic

(Semantic Web) atau definisi Web Semantik adalah pengembangan dari World Wide Web di mana makna semantik dari informasi di web didefinisikan, sehingga memungkinkan mesin untuk memprosesnya. Web Semantik berasal dari World Wide Web Konsorsium dari Web sebagai media universal data, informasi, dan pertukaran pengetahuan.

Web Semantik terdiri dari seperangkat prinsip-prinsip desain, kelompok kerja kolaboratif, dan berbagai teknologi. Beberapa elemen dari Web Semantik yang dinyatakan sebagai calon masa depan dan unsur-unsur lain dari Web Semantik disajikan dalam spesifikasi formal dimaksudkan untuk memberikan deskripsi formal konsep, istilah, dan hubungan dalam satu domain tertentu.

Istilah Web Semantik itu sendiri diperkenalkan oleh Tim Berners-Lee, penemu World Wide Web. Sekarang, prinsip web semantik disebut-sebut akan muncul pada Web 3.0, generasi ketiga dari World Wide Web. Bahkan Web 3.0 itu sendiri sering disamakan dengan Web Semantik. Web Semantik menggunakan XML, XMLS (XML Schema), RDF, RDFS (Resources Description Framework Schema) dan OWL.

CONTOH PENERAPAN WEB SEMANTIK

            Apabila kita mengetik di pencarian dengan keyword “tanggal berapa indonesia ulang tahun?.” maka jawaban dari pencarian tersebut yang keluar adalah “17 Agustus 1945.“ begitu mudah bukan ?
 Contoh lain web semantik adalah :

1. SIOC ( http://sioc-project.org/ ) Adalah komunitas yang berusaha mewujudkan semantic website yang tengah berjuang membantu kita menciptakan web cerdas yang mana kelak pencarian info di internet menjadi jauh - jauh sangat mudah.
2. Yahoo’s Food Site, Spivack’s Radar Networks, dan sebuah development platform, Jena, di Hewlett-Packard.
3. Second Life merupakan dunia virtual berbasis Internet. Mungkin di masa depan kita bisa hidup di dunia virtual itu yaitu di internet karena memang kehidupan di dalam Second Life meniru apa saja yang dilakukan oleh Anda dan yang ada di dunia nyata ini, dimana kita bisa berteman, melakukan aktivitas, berbicara dengan teman Anda, bertukar opini, bahkan berbisnis dan lain-lainnya yang ada di dunia ini.
4. Google Co-Op yang beralamatkan di http://www.google.com/coop/. Google Co-Op merupakan salah satu service yang disediakan Google dan mulai beroperasi sejak tahun 2006 dan merupakan fungsi search yang ditambahkan di search engine Google dengan penambahan fitur yang lebih luas dan diharapkan Google Co-Op dapat memberikan sesuatu yang tepat yang sedang dicari orang-orang.
5. Web Servies yakni teknologi web yang memungkinkan sebuah aplikasi mampu berhubungan dengan aplikasi lainnya melalui protokol HTTP dengan format pesan XML


PERKEMBANGAN TEKNOLOGI WEB 3.0 ( WEB SEMANTIK )

1. SOAP : Simple Object Access Protocol adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML   melalui jaringan komputer atau sebuah jalan untuk program yang berjalan pada suatu sistem operasi (OS) untuk berkomunikasi dengan program pada OS yang sama maupun berbeda dengan menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme untuk pertukaran data.
2. REST : REpresentational State Transfer atau transfer keadaan representasi, adalah suatu gaya arsitektur perangkat lunak untuk untuk pendistibusian sistem hipermedia seperti WWW.
Contoh : Amazon Associates Web Services (AAWS) yakni layanan (Web As Services) berupa HTTP request (post / Get) yang dapat digunakan oleh pihak deceloper dan data di Amazon untuk kegiatan Affiliate (mempromosikan produk amazon).
3. WSDL : format XML yang diterbitkan untuk menerangkan webservice. WSDL mendefinisikan:

·  pesan-pesan (baik yang abstrak dan kongkrit) yang dikirim ke dan menuju web service
·  koleksi-koleksi digital dari pesan-pesan (port type, antarmuka)
·  Bagaimana port type yang ditentukan dijadikan wire protokol di mana servis ditempatkan.

4. WDDX : Web Distributed Data eXchange. Mekanisme pertukaran data dari lingkungan yang berbeda



APLIKASI PADA WEB 3.0

RDF digunakan pada aplikasi berikut ini:

1. RSS (RDF Site Summary) : RSS memberikan informasi yang terupdate tanpa kita mengunjungi web tersebut
2. FOAF (Friend of a Friend) : Didesain tuk mendeskripsikan orang-orang, ketertarikan dan hubungan mereka
3. SIOC (Semantically-Interlinked Online Commnities) : Menerangkan komunitas Online dan membuat koneksi antara diskusi berbasis Internet seperti message board, mailing list, blog.

            Untuk aplikasi yang memproses informasi digunakanlah OWL (Web Ontology Language), OWL berbasis XML dan dengan mudahnya dapat melakukan pertukaran antara mesin dan OS yang berbeda dan bahasa aplikasi yang berbeda.

Beberapa sub-language (spesies) yang dimiliki OWL:

  • OWL Lite : Digunakan untuk mendukung pengguna yang memerlukan klasifikasi hirarki dan dalam batasan yang sederhana.
  • OWL DL : Mendukung konstruksi seluruh OWL, tetapi hanya digunakan pada batasan tertentu.
  • OWL Full : Yang menginginkan maksimum penggunaan dan sintaksis gunakanlah OWL Full



KELEBIHAN PADA WEB 3.0

  1. Kecepatan berinteraksi antar apps, karena menggunakan sarana HTTP
  2. Ketepatan / Keakuratan data, karena data yang dikirim (request) dan diterima (response) semuanya berbasiskan XML
  3. Kemudahan, mengola request dan response, karena standar pesan XML
  4. Fleksibel, contoh aplikasi PHP mampu berhubungan dengan java, begitu sebaliknya, karena semuanya menggunakan protokol HTTP.
  5. Bukti joomla (PHP) kini mampu berhubungan dengan alfresco yang dibangun dengan java
  6. Metode : XML-RPC, SOAP, dan REST.


SOAP (Simple Object Access Protocol)

SOAP (Simple Object Access Protocol) adalah standar untuk bertukar pesan-pesan berbasis XML melalui jaringan komputer atau sebuah jalan untuk program yang berjalan pada suatu sistem operasi (OS) untuk berkomunikasi dengan program pada OS yang sama maupun berbeda dengan menggunakan HTTP dan XML sebagai mekanisme untuk pertukaran data.

SOAP adalah sebuah protocol yang dibuat untuk digunakan dalam pertukaran informasi terstruktur dalam imolementasi dari sebuah web service dalam jaringan computer. SOAP erat kaitannya dengan XML sebagai format message yang digunakan dalam berkomunikasi dan biasanya bekerja berdasarkan protocol yang ada pada Application Layer, dalam hal ini HTTP dan SMTP digunakan untuk pertukaran informasi dan transmisinya.


SOAP dapat menjadi layer tersendiri dalam sebuah protocol web service dalam hal menyediakan dasar atau acuan dalam pengriman pesan pada web service dimana aplikasi berbasis web berada. Procotocol SOAP yang dibangun berdasarkan konsep XML, terbagi atas tiga bagian:
  1. Envelope, yang menjelaskan apa yang ada dalam pesan yang dikirm dan bagaimana memprosesnya
  2. Encoding rule, yang digunakan untuk menyatakan tipe data yang digunakan dalam memproses pesan yang ada di level aplikasi.
  3. Convention, yang mempresentasikan prosedur dan respon yang digunakan
Arsitektur SOAP terdiri dari beberapa layer spesifikasi yaitu untuk format pesan menggunakan Message Exchange Pattens (MEP), layer khusus untuk protocol transport, model messaging processing dan protocol tambahan, SOAP sendiri adalah pengganti dari XML RPC(Remote Procedure Calling), namun dengan karakteristik sendiri.
Tiga karakteristik SOAP:
1. Extenssibility dapat menggunakan beberapa extension tambahan lain diantaranya antara lain security dan Web Service Routing (masih dalam tahap pengembangan)
2. Neutrality, SOAP dapat digunakan di berbagai protocol transport seperti HTTP, SMTP atau TCP.
3. Independence, SOAP tidak memiliki ketergantungan terhadap bahasa pemrograman tertentu, sehingga SOAP dapat dugunakan di berbagai model pemrograman
Spesifikasi SOAP
SOAP mengatur framework dari proses messaging yang terdiri dari:
1. Processing Model, yang menjelaskan aturan dalam memproses pesan
2. Extenbility Model, menjelaskan fitur serta modul
3. Underlying Protocol Binding, memjelaskan aturan yang digunakan untuk mengikat pesan dengan protocol pokok lainnya agar dapat digunakan dalam pertukaran pesan antar node
4. Message Condtruct, mengatur struktur dari sebuah pesan
Secara structural terdiri dari 3 bagian yaitu: Envelope, Header, dan Body
Contoh SOAP
Dalam contoh di bawah ini, permintaan GetStockPrice dikirim ke server. Permintaan memiliki parameter StockName, dan parameter harga yang akan dikembalikan dalam respon. Namespace untuk fungsi yang didefinisikan dalam “http://www.example.org/stock”.
SOAP request
POST /InStock HTTP/1.1
Host: www.example.org
Content-Type: application/soap+xml; charset=utf-8
Content-Length: nnn
<?xml version="1.0"?>
<soap:Envelope
xmlns:soap="http://www.w3.org/2001/12/soap-envelope"
soap:encodingStyle="http://www.w3.org/2001/12/soap-encoding">
<soap:Body xmlns:m="http://www.example.org/stock">
<m:GetStockPrice>
<m:StockName>IBM</m:StockName>
</m:GetStockPrice>
</soap:Body>
</soap:Envelope>
SOAP response
HTTP/1.1 200 OK
Content-Type: application/soap+xml; charset=utf-8
Content-Length: nnn
<?xml version="1.0"?>
<soap:Envelope
xmlns:soap="http://www.w3.org/2001/12/soap-envelope"
soap:encodingStyle="http://www.w3.org/2001/12/soap-encoding">
<soap:Body xmlns:m="http://www.example.org/stock">
<m:GetStockPriceResponse>
<m:Price>34.5</m:Price>
</m:GetStockPriceResponse>
</soap:Body>
</soap:Envelope>
Kelebihannya:
1. Cukup fleksibel dalam hal penggunaan protocol transport yang berbeda
2. Dapat bekerja baik dalam tunnel HTTP dalam mendapatkan atau mengirinkan pesan, oleh karena itu dapat bekerja dengan baik dalam berbagai kondisi firewall dan proxy tanpa perlu melakukan modifikasi dalam protocol dan tanpa perlu memodifikasi infrastruktur yang ada
Kekurangannya:
1. Memiliki daya pemrosesan yang lebih rendah di bandingkan dengan tekhnologi middleware seperti CORBA. Hal ini tidak menjadi masalah jiga digunakan dalam skala kecil namun dalam skala besar perlu menjadi pertrimbangan tersendiri
2. Jika menggunakan HTTP sebgai transport protocol dan tidak menggunakan WS-Addressing atau ESB (Enterprise Service Bus), klien terlibat dalam komunikasi bersifat fixed, hanya satu yang dapat menggunakan service. Dalam hal ini developer harus menggunakan polling, bukan lagi hanya notifikasi seperti kasus lain pada umumnya.

Refferensi:
http://erfansubhana.blogspot.co.id/2015/06/pengertian-semantik-web.html
http://indrapermana.weblog.esaunggul.ac.id/2013/12/04/soap-simple-object-access-protocol/

Friday, April 1, 2016

Accelerated Processing Unit (APU)

Accelerated Processing Unit (APU) atau unit processor terakselerasi adalah sebuah processor yang mengintegrasikan AMD CPU (Central Processing Unit) dan GPU (Graphics Processing Unit) Radeon dalam satu chip. Jadi terdapat 2 'otak' dalam 1 keping chip.



Processor terakselerasi atau APU ini sebenarnya sudah setahun lebih diluncurkan oleh AMD (Advanced Micro Devices) kira-kira pada awal tahun 2011. Processor tersebut dikenal dengan sebutan AMD Fusion Family of Accelerated Processing Units (AMD Fusion APU).

AMD Fusion APU menggabungkan dalam sebuah chip, yang ukurannya lebih kecil dari kepingan uang logam pecahan Rp 50, teknologi multi-core CPU (x86), mesin grafis dengan kemampuan DirectX 11, blok akselerasi video berdefinisi tinggi, dan bus kecepatan tinggi yang menghantar data antar beragam core dalam sebuah prosesor. 



Transformasi dua keping chip (CPU dan GPU) menjadi satu keping chip memberikan tiga keuntungan bagi konsumen, diantaranya :
  • Mesin menjadi lebih awet baterai
  • Desain papan circuit bisa lebih hemat yang berimbas pada harga keseluruhan mesin
  • Dengan rentang harga yang sama, mesin bertenaga APU memberikan fitur multimedia yang cukup melimpah.
Seri Processor APU yang pertama dari AMD adalah AMD Brazos (C dan E Series). Tak lama setelahnya AMD kemudian merilis APU untuk kelas mainstream yang dikenal dengan CODEC Llano (A Series) yang menggabungkan hingga empat core CPU x86 dengan dukungan DirectX 11 yang setara kemampuan grafis tingkat diskrit dan sampai 400 core Radeon bersama dengan pemrosesan video HD khusus pada satu chip.

Pada tahun 2012 ini AMD sudah menyiapkan generasi penerus APU A Series yang bernama Trinity yang merupakan pengembangan lanjutan dari Llano. AMD Trinity lebih diutamakan untuk platform mobile atau notebook.

Dari beberapa artikel yang saya baca dapat disimpulkan APU ini merupakan teknologi terbaru yang dapat menggabungkan Processor dengan GPU dan ini merupakan perkembangan teknologi yang sangat maju, dari segi bentuk maupun fungsinya sudah jelas bukan APU ini dapat menghemat muatan dalam CPU, Laptop, Notebook maupun gadget sekalipun dan juga teknologi baru ini juga tidak kalah bagusnya dengan Processor dan GPU yang terpisah bahkan APU ini bisa lebih stabil dibandingkan Processor dan GPU yang terpisah







Refferensi: http://www.catatanteknisi.com/2012/07/teknology-amd-fusion-apu.html

Monday, June 29, 2015

Tugas Algoritma Pemrograman AP2C

Nama : Median Syah Putra
Kelas : 1IA25
NPM  : 56414517



Metode Greedy

Metode greedy adalah metode yang digunakan untuk memecahkan persoalan optimasi. Ada 2 macam persoalan optimasi, yaitu maksimasi dan minimasi, artinya dengan metode greedy kita bemaksud mencari solusi terbaik, yaitu solusi yang benilai minimum atau maksimum dari sekumpulan alternatif solusi yang ada.

 Contoh Soal:

Misalkan tersedia koin : 1, 3, 5.

Uang senilai A=8 dapat di tukar dengan cara :
1+1+1+1+1+1+1+1 = 8 (8 koin)
1+1+1+1+1+3=8 (6 koin)
1+1+1+5=8 (4 koin)
1+1+3+3=8 (4 koin)
3+5=8 (2 koin) solusi optimal.

Maka solusi optimal dari kasus penukaran koin di atas adalah 2 koin.



Metode Divide and Conquer

Algoritma Divide and Conquer merupakan algoritma yang sangat populer di dunia Ilmu Komputer. Divide and Conquer merupakan algoritma yang berprinsip memecah-mecah permasalahan yang terlalu besar menjadi beberapa bagian kecil sehingga lebih mudah untuk diselesaikan. Langkah-langkah umum algoritma Divide and Conquer :
  • Divide : Membagi masalah menjadi beberapa upa-masalah yang memiliki kemiripan dengan masalah semula namun berukuran lebih kecil ( idealnya berukuran hampir sama ).
  • Conquer : Memecahkan ( menyelesaikan ) masing-masing upa-masalah ( secara rekursif ).
  • Combine : Menggabungkan solusi masing-masing upa-masalah sehingga  membentuk solusi masalah semula.

Contoh Soal:

 Misalnya diketahui table A yang berukuran n eleman sudah berisi nilai integer. Kita ingin menentukan nilai minimum dan nilai maksimum sekaligus di dalam table tersebut. Misalkan tabel A berisi elemen-elemen sebagai berikut :





   Ukuran table hasil pembagian dapat dibuat cukup kecil sehingga mencari minimum dan maksimum dapat diselesaikan (SOLVE) secara lebih mudah. Dalam hal ini, ukuran kecil yang dipilih adalah 1 elemen atau 2 elemen, selanjutnya dikombinaksikan bagian satu dengan yang lain untuk menentukan nilai min dan maks.


Sumber: 
http://kumikochiba.blogspot.com/
http://novatri9.blogspot.com/

Thursday, June 18, 2015

Mempelajari Tentang Keindahan dan Nilai - Nilainya

Pengertian Keindahan


Keindahan berasal dari kata Indah, Keindahan adalah sifat dari sesuatu yang memberi kita rasa senang bila melihatnya. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, keindahan diartikan sebagai keadaan yang enak dipandang, cantik, bagus benar atau elok. Keindahan dipelajari sebagai bagian dari estetika, sosiologi, psikologi sosial, dan budaya. Sebuah “kecantikan yang ideal” adalah sebuah entitas yang dikagumi, atau memiliki fitur yang dikaitkan dengan keindahan dalam suatu budaya tertentu, untuk kesempurnaannya.

Berikut merupakan pengertian keindahan menurut para ahli:
  • Herbet Read merumuskan bahwa keindahan adalah kesatuan dan hubungan-hubungan bentuk yang terdapat diantara pencerapan-pencerapan indrawi manusia.
  • Filsuf abad pertengahan Thomas Amuinos mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bilamana dilihat.
  • Thomas Aquinos (1225-1274) mengatakan bahwa keindahan adalah sesuatu yang menyenangkan bila mana dilihat (Id qout visum placet).
  • Khalil Gibran mengungkapkan bahwa Keindahan adalah sesuatu yang menarik jiwamu. Keindahan adalah cinta yang tidak memberi namun menerima.
  • Menurut Baumgarten adalah Keindahan adalah keselur uhan yang merupakan susunan yang teratur dari bagian- bagian yang saling berhubungan satu sama lain, atau dengan keseluruhan itu sendiri. 
  • Menurut The Liang Gie dalam bukunya “ Garis Besar Estetik” (Filsafat Keindahan), dalam bahasa Inggris Keindahan diterjemahkan dengan kata “Beautiful”, bahasa Perancis “Beau” , Italia dan Spanyol “Bello” , kata-kata itu ber asal dar i bahasa Latin “Bellum” , akar katanya adalah “Bonum” yang berarti Kebaikan kemudian mempunyai bentuk pengecilan menjadi “Bonellum” dan terakhir dipendekkan menjadi “bellum”.

Keindahan dalam suatu kualitas yang abstrak adalah keindahan yang tak dapat terlihat secara fisik dan bersifat tidak beraturan, tetapi nilai dari keindahan itu dapat dirasakan,seperti contoh keindahan ketika merasakan angin yang berhembus. Sedangkan keindahan sebagai sebuah benda tertentu yang indah adalah kebalikan dari Keindahan dalam suatu kualitas yang abstrak, dimana keindahan itu dapat dirasakan, dilihat maupun dapat dikenang selama kita mengingatnya.



Keindahan Dalam Arti Luas

Keindahan dalam arti luas, menurut The Liang Gie, mengandung gagasan tentang kebaikan. dari pemikiran Plato, yang menyangkut adanya watak yang indah dan hukum yang indah: Aristoteles yang melihat keindahan sebagai sesuatu yang baik dan juga menyenangkan. Tetapi bangsa Yunani juga mengenal pengertian keindahan dalam arti estetik disebutnya “ Syimmetria”, untuk keindahan berdasarkan pengelihatan. jadi pengertian yang seluas-luasnya meliputi: Keindahan Seni, Keindahan Alam, Keindahan Moral, Keindahan Intelektual.




Nilai - Nilai Dalam Keindahan

Nilai Estetika

Kata estetika berasal dari kata Aesthesiss yang artinya perasaan atau sensitivitas, karena memang pada awalnya pengertian ini berhubungan dengan lidah dan perasaan. Dalam pengertian teknis, Estetika adalah ilmu keindahan atau ilmu yang mempelajari keindahan, kecantikan secara umum. Estetika adalah salah satu cabang filsafat. Secara sederhana, estetika adalah ilmu yang membahas keindahan. Pembahasan lebih lanjut mengenai estetika adalah sebuah filosofi yang mempelajari nilai-nilai sensoris, yang kadang dianggap sebagai penilaian terhadap sentimen dan rasa. Estetika merupakan cabang yang sangat dekat dengan filosofi seni. Nilai yang berhubungan dengan segala sesuatu yang tercakup dalam pengertian keindahan disebut Nilai Estetik.


Nilai Ekstrinsik

Nilai Ekstrinsik adalah nilai yang berasal dari luar benda atau sesuatu itu sendiri yang bersifat baik dari suatu benda sebagai alat atau sarana untuk sesuatu hal lainnya (Instrumental/ Contributory value), yakni nilai yang ber sifat sebagai alat atau membantu


Nilai Intrinsik

Nilai Instrinsik adalah nilai yang terkandung dari benda atau sesuatu itu sendiri, yang bersifat baik dari benda yang bersangkutan, atau sebagai suatu tujuan, ataupun demi kepentingan benda itu sendiri.



Kontemplasi Dan Ekstansi

Kontemplasi

Kontemplasi adalah dasar dalam diri manusia untuk menciptakan sesuatu yang indah yang merupakan suatu proses bermeditasi merenungkan atau berpikir penuh dan mendalam untuk mencari nilai-nilai, makna, manfaat dan tujuan atau niat suatu hasil penciptaan.


Ekstansi

Ekstansi adalah dasar dalam diri manusia untuk menyatakan, merasa, dan menikmati sesuatu yang indah. Setiap manusia memiliki nilai ekstansi yang berbeda-beda. Apabila kontemplasi dan ekstansi itu dihubungkan dengan kreativitas, .



Pengertian Renungan Dan Teori - Teorinya

Pengertian Renungan 

Renungan berasal dari kata renung artinya memikirkan sesuatu jadi. Renungan adalah pembicaraan diri kita sendiri atau pembicaraan dalam hati kita tentang suatu hal. Renungan berasal dari kata renung; artinya diam-diam memikirkan sesuatu, atau memikirkan sesuatu dengan dalam-dalam. Renungan adalah hasil merenung. Dalam merenung untuk menciptakan seni. Berikut merupakan beberapa teori renungan:

Teori Pengungkapan

Dalil dari teori ini ialah bahwa “Art is an expression of human feeling” ( seni adalah suatu pengungkapan dari perasaan manusia ). Teori ini terutama bertalian dengan apa yang dialami oleh seorang seniman ketika menciptakan suatu karya seni. Tokoh teori ekspresi yang paling terkenal ialah filsuf Italia Benedeto Croce (1886-1952) dengan karyanya yang telah diterjemahkan kedalam bahasa Inggris “aesthetic as Science of Expresion and General Linguistic”. Beliau antara lain menyatakan bahwa “art is expression of impressions” (Seni adalah pengungkapan dari kesan-kesan) Expression adalah sama dengan intuition. Dan intuisi adalah pengetahuan intuitif yang diperoleh melalui penghayatan tentang hal-hal individual yang menghasilkan gambaran angan-angan (images). Dengan demikian pengungkapan itu berwujud sebagai gambaran angan-angan seperti misalnya images wama, garis dan kata. Bagi seseorang pengungkapan berarti menciptakan seni dalam dirinya tanpa perlu adanya kegiatan jasmaniah keluar. Pengalaman estetis seseorang tidak lain adalah ekspresi dalam gambaran angan-angan.


Teori Metafisik

Teori semi yang bercorak metafisis merupakan salah satu teori yang tertua, yakni berasal dari Plato yang karya-karya tulisannya untuk sebagian membahas estetik filsafati, konsepsi keindahan dan teori seni. Mengenai sumber seni Plato mengemukakan suatu teori peniruan (imitation theory). Ini sesuai dengan rnetafisika Plato yang mendalilkan adanya dunia ide pada taraf yang tertinggi sebagai realita Ilahi. Pada taraf yang lebih rendah terdapat realita duniawi ini yang merupakan cerminan semu dan mirip realita ilahi itu. Dan karya seni yang dibuat manusia hanyalah merupakan mimemis (timan) dari realita duniawi Sebagai contoh Plato mengemukakan ide Ke-ranjangan yang abadi dan indah sempurna ciptaan Tuhan. Kemudian dalam dunia ini tukang kayu membuat ranjang dari kayu yang merupakan ide tertinggi ke-ranjangan-an itu. Dan akhirnya seniman meniru ranjang kayu itu dengan menggambarkannya dalam sebuah lukisan. Jadi karya seni adalah tiruan dari suatu tiruan lain sehingga bersifat jauh dari kebenaran atau dapat menyesatkan. Karena itu seniman tidak mendapat tempat sebagai warga dari negara Republik yang ideal menurut Plato.


Teori Psikologis

Teori-teori metafisis dari para filsuf yang bergerak diatas taraf manusiawi dengan konsepsi-konsepsi tentang ide tertinggi atau kehendak semesta umumnya tidak memuaskan, karena terlampau abstrak dan spekulatif. Sebagian ahli estetik dalam abad modem menelaah teori-teori seni dari sudut hubungan karya seni dan alam pikiran penciptanya dengan mempergunakan metode-metode psikologis. Misalnya berdasarkan psikoanalisa dikemukakan teori bahwa proses penciptaan seni adalah pemenuhan keinginan-keinginan bawah sadar dari seseorang seniman. Sedang karya seninya itu merupakan bentuk terselubung atau diperhalus yang diwujudkan keluar dari keinginan-keinginan itu. Suatu teori lain tentang sumber seni ialah teori permainan yang dikembangkan oleh Freedrick Schiller (1757-1805) dan Herbert Spencer (1820-1903).




Pengertian Keserasian Dan Teori - Teorinya

Pengertian Keserasian

Keserasian berasal dari kata serasi dan dari kata dasar rasi, artinya cocok, kena benar, dan sesuai benar. Kata cocok, kena dan sesuai itu mengandung unsur perpaduan, pertentangan, ukuran dan seimbang. Dalam pengertian perpaduan misalnya, orang berpakaian hams dipadukan warnanya bagian atas dengan bagian bawah, atau disesuaikan dengan kulitnya. Berikut merupakan beberapa teori keserasian:

Teori Obyektif Dan Subyektif

The Liang Gie dalam bukunya garis besar estetika menjelaskan, bahwa dalam mencipta seni ada dua teori yakni teori obyektif dan teori subyektif. Salah satu persoalan pokok dari teori keindahan adalah mengenai sifat dasar dari keindahan. Apakah keindahan menampakan sesuatu yang ada pada benda indah atau hanya terdapat dalam alarn pikiran orang yang mengamati benda tersebut. Dari persoalan-persoalan tersebut lahirlah dua kelompok teori yang terkenal sebagai teori obyektif dan teori subyektif.

Pendukung teori obyektif adalah Plato, Hegel dan Bernard Bocanquat, sedang pendukung teori subyektif ialah Henry Home, Earlof Shaffesbury, dan Edmund Burke. Teori obyektif berpendapat, bahwa keindahan atau ciri-ciri yang mencipta nilai estetik adalah sifat (kualitas) yang memang telah melekat pada bentuk indah yang bersangkutan, terlepas dari orang yang mengamatinya. Pengamatan orang hanyalah mengungkapkan sifat-sifat indah yang sudah ada pada sesuatu benda dan sama sekali tidak berpengaruh untuk menghubungkan. Yang menjadi masalah ialah ciri-ciri khusus manakah yang membuat sesuatu benda menjadi indah atau dianggap bernilai estetik, salah satu jawaban yang telah diberikan selama berabad-abad ialah perimbangan antara bagian-bagian dalam benda indah itu. Pendapat lain menyatakan, bahwa nilai estetik itu tercipta dengan terpenuhinya asas-asas tertentu mengenai bentuk pada sesuatu benda.

Teori subyektif, menyatakan bahwa ciri-ciri yang menciptakan keindahan suatu benda itu tidak ada, yang ada hanya perasaan dalam din seseorang yang mengamati sesuatu benda. Adanya keindahan semata-mata tergantung pada pencerapan dari si pengamat itu. Kalaupun dinyatakan bahwa sesuatu benda mempunyai nilai estetik, maka hal itu diartikan bahwa seseorang pengamat memperoleh sesuatu pengalaman estetik sebagai tanggapan terhadap benda indah itu. Yang tergolong teori subyektif ialah yang memandang keindahan dalam suatu hubungan di antara suatu benda dengan alam pikiran seseorang yang mengamatinya seperti misalnya yang berupa menyukai atau menikmati benda itu.


Teori Perimbangan

Teori obyektif memandang keindahan sebagai suatu kualitas dari benda-benda. Kualitas bagaimana yang menyebabkan sesuatu benda disebut indah telah dijawab oleh bangsa Yunani Kuno dengan teori perimbangan yang bertahan sejak abab 5 sebelum Masehi sampai abab 17 di Eropa. Sebagai contoh bangunan arsitektur Yunani Kuno yang berupa banyak tiang besar.

Dalam dunia ini dipenuhi dengan apa yang kita sebut keindahan, contohnya pemandangan alam sekitar kita. Tetapi apakah yang terjadi pada alam sekitar kita sekarang ??? Bagi teman-teman yang hidup di perkotaan pastilah dapat membekan segala sesuatu yang terjadi antara di perkotaan dan di desa saat ini. Salah satu contoh yang amat jelas terjadi antara perkotaan dan pedesaan adalah pada keadaan alam sekitarnya.

Apa yang terjadi pada keadaan sekitar perkotaan dan pedesaan ??? Keadaan alam di desa yang masih asri, indah sejuk, dan damai dapat memberikan ketenangan pada jiwa kita, biarpun efeknya tidak terjadi secara langsung. Namun lain halnya pada perkotaan, keadaan alam yang dapat dibilang sangat buruk, karena penuh polusi dan penduduk yang sangat banyak terutama pada kendaraan bermotor yang mereka miliki yang setiap hari senantiasa berlalu-lalang pada jalan-jalan raya di perkotaan.Sampah-sampah rumah tangga yang menumpuk, suara bising yang di hasilkan oleh mesin-mesin kendaraan bermotor mereka, udara yang hitam pekat karena hasil pembakaran dari sebuah bahan bakar mesin kendaraan mereka yang dapat membahayakan kesehatan kita sendiri membuat kita semakin merasa jenuh akan kehidupan sehari-hari kita. Pasti itulah yang kalian pernah rasakan bukan ??

Kota pada saat ini kehilangan keindahannya. Kota sebagai tempat utama suatu negara yang banyak di kagumi oleh warga negaranya haruslah memiliki keadaan alam yang sebanding dengan pedesaan. Kenapa demikian ??? Karena pada perkotaanlah banyak orang-orang yang bermukim untuk mencari nafkah untuk mencukupi kehidupan sehari-hari mereka. Penduduk perkotaan jauh lebih banyak dari pada penduduk pedesaan, jadi karena itu keadaan perkotaan haruslah sama seperti keadaan pedesaan yang sejuk, indah, asri, dan tenang sehingga setiap orang pastilah dapat merasa tenang dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari dan juga kita dapat terhindar dari polusi-polusi kendaraan bermotor yang selama ini kita hirup bersama oksigen yang dapat membunuh kita secara perlahan-lahan.

Mungkin sangatlah sulit bagi perkotaan untuk menyamai keindahan dipedesaan, tapi apa salahnya kita coba sedikit demi sedikit, dari hal yang paling kecil pada setiap kehidupan kita, seperti tidak membuang sampah sembarangan, menanam pohon disekitar halaman rumah kita, jangan menebang atau merusak tanaman dan pepohonan, meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor yang mengeluarkan polusi dan penggunaan AC pada rumah, dan lain sebagainya. Jika setiap dari kita melakukan hal tersebut, bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan keadaan perkotaan kita bisa menyamai keindahan pedesaan.



Kesimpulan

Menurut saya keindahan itu hanya dapat terlihat dari sebuah seni, ungkapan dan apa yang kita lihat sehari – hari, tetapi keindahan tersebut memiliki arti yang khusus bagi yang melihatnya dan setiap orang memiliki pandangan yang berbeda tentang keindahan itu sendiri 

Friday, April 24, 2015

Sejarah dan Kebudayaan Negara Italia




Italia atau Resminya disebut juga Republic Italia adalah sebuah negara kesatuan yang berbentuk republik dengan corak parlementer di Eropa Selatan. Italia berbatasan dengan PerancisSwissAustria, dan Slovenia di sepanjang Pegunungan Alpen di utara. Selain Semenanjung Italia, negara ini juga meliputi Sisilia, dan Sardinia (dua pulau terbesar di Laut Tengah), beserta banyak pulau lain yang lebih kecil di selatan. Roma, adalah ibu kota Italia, selama berabad-abad lamanya telah menjadi pusat politik, dan keagamaan Barat, yakni sebagai ibu kota Kekaisaran Romawi, dan situs Tahta Suci.


Penduduk

Sebelum kekaisaran Romawi kuno muncul, beberapa orang dari berbagai tempat telah menghuni semenanjung Italia. Orang Etruria tinggal di wilayah tengah barat. Mereka adalah kelompok yang paling maju secara budaya. Berbagai masyarakat Italia tinggal di bagian lain dari semenanjung. Orang Yunani menjajah Italia selatan dan Sisilia selama tahun 700-an dan 600-an SM.
Akhirnya, negara Romawi baru menyerap masyarakat ini. Orang-orang dari daerah lain didatangkan sebagai budak di seluruh kekaisaran yang berkembang. Setelah jatuhnya Romawi pada tahun 476, invasi dari utara membawa bangsa Jerman ke semenanjung. Mereka terutama adalah orang Ostrogoth dan Lombard. Orang Arab menginvasi Sisilia di tahun 700-an Masehi. Mereka diikuti oleh orang Normandia dan Spanyol, yang juga menguasai wilayah selatan. Dalam sejarah, imigran dari Afrika Utara dan Timur Tengah juga menambah keragaman etnis Italia.
Bahasa
Bahasa Italia adalah salah satu bahasa Romance. Bahasa-bahasa ini berasal dari bahasa Latin, bahasa Romawi. Bahasa Italia dituturkan oleh hampir semua penduduk. Tapi di banyak bagian Italia, orang-orang bangga melestarikan dialek daerah mereka yang berbeda-beda. Di sudut barat laut Italia, ada banyak penutur bahasa Perancis. Di wilayah utara Alto Adige (Tirol Selatan), banyak orang berbicara dalam bahasa Jerman.
Agama
Meskipun Katolik Roma adalah agama mayoritas (85% kelahiran di Italia umumnya beragama Katholik), ada beberapa komunitas yang merupakan bagian Gereja Protestan, dan juga Bené Roma yang telah menjalankan Judaisme di Italia selama ribuan tahun. Dan ada juga komunitas imigran Muslim (lihat: Islam di Italia). Sekelompok kecil pemeluk agama Protestan, Yahudi, dan Islam bersama-sama membentuk sekitar 2 persen dari populasi Italia.
Selama berabad-abad, upacara dan ritual Gereja Katolik Roma telah menjadi elemen penting dalam kehidupan orang-orang Italia. Kalender gereja diisi dengan berbagai liburan untuk menghormati orang-orang kudus dan merayakan festival besar tahun agama. Setiap kota dan desa memiliki santo pelindungnya sendiri, yang hari rayanya dirayakan dengan prosesi yang diiringi musik.
Di mana-mana, Italia dikelilingi oleh monumen-monumen keagamaan yang besar. Bangunan-bangunan ini meliputi katedral megah dan karya seni lainnya yang terinspirasi oleh pengabdian kepada gereja selama berabad-abad.

Pendidikan
Pendidikan di Italia adalah gratis, dan wajib bagi penduduk yang berusia 6 sampai 16 tahun, dan terdiri dari lima jenjang: taman kanak-kanaksekolah dasarsekolah menengah pertama,sekolah menengah atas, dan universitas. 
Sekolah gratis dan diwajibkan oleh undang-undag bagi semua anak-anak Italia yang berusia 6 sampai 15 tahun. Kota-kota memiliki taman kanak-kanak dan sekolah penitipan anak kecil dan anak-anak yang orang tuanya sedang bekerja. Sekolah wajib meliputi lima tahun sekolah dasar diikuti tiga tahun sekolah menengah pertama. Setelah siswa mencapai tingkat sekolah menengah, ia bisa memilih untuk melanjutkan ke lembaga akademis atau meneruskan ke sekolah teknis atau kejuruan.
Lulusan sekolah menengah yang memenuhi syarat bisa masuk ke universitas. Dari sekian banyak universitas di Italia, yang tertua adalah Universitas Bologna, yang didirikan pada tahun 1088 dan dianggap universitas tertua di Eropa.
Makanan dan Minuman
Spagethi

Pizza

Caffe Latte

Di Italia sarapan adalah makan sederhana. Hidangannya sering terdiri atas roti gulung keras, selai, dan campuran kopi dan susu panas yang disebut Caffelatte. Makanan utama disantap pada sore hari. Biasanya dimulai dengan pasta, sering disajikan dengan saus tomat, atau sup kental dan roti. Makanan utama kedua dapat terdiri atas daging atau ikan dengan sayuran masak. Minyak zaitun digunakan untuk salad dan, di selatan, untuk memasak. Makanan penutup biasanya berupa buah yang ada di musim itu. Tapi pada kesempatan khusus, kue dapat disajikan. Secangkir kecil kopi yang kuat (espresso) sering menutup acara makan.
Makanan agak lebih bervariasi di utara daripada di selatan. Orang-orang di utara lebih sering makan daging (terutama sapi) dan ayam. Mereka menggunakan lebih sedikit bawang putih dan biasanya lebih suka mentega dengan minyak zaitun untuk memasak.
Semua bentuk pasta populer dinikmati. Mie telur adalah favorit di Bologna, yang menawarkan beberapa masakan terbaik di Italia. Di Milan, risotto (hidangan nasi) sering lebih diminati daripada pasta. Di daerah pedesaan di wilayah Venetia, polenta adalah sajian favorit. Makanan ini dibuat dari tepung jagung.
Malam makan lebih ringan dari makan siang, sering dimulai dengan kaldu, bukan pasta. Banyak orang Italia menikmati anggur dengan makanan mereka. Pada hari Minggu di musim panas, banyak orang pergi mencari hidangan es krim yang disebut gelato.
Perpustakaan dan Museum
Italia memiliki dua perpustakaan nasional. Salah satunya ada di Florence dan yang lainnya di Roma. Kedua kota ini juga memiliki ratusan bangunan bersejarah dan museum yang diisi dengan beberapa karya paling terkenal di dunia seni.
Olahraga dan Rekreasi
Menara Pissa

Colosseum


Orang Italia adalah penggemar olahraga yang antusias. Banyak orang membanjiri stadion pada hari Minggu untuk menonton pertandingan sepak bola profesional. Popularitas basket juga semakin meningkat. Permainan boccie (bowling rumput) adalah favorit lain. Berkuda, anggar, renang, tenis, dan ski adalah olahraga lainnya di mana orang Italia unggul di dalamnya. Balap sepeda dan mobil juga cukup populer.
Di Italia juga ada beberapa tempat rekreasi yang banyak dikunjungi beberapa wisatawan dunia misalnya seperti Colosseum, Menara Pisa dan masih banyak lagi

Kesehatan


Italia menjalankan sistem pelayanan kesehatan umum semesta sejak tahun 1978. Meskipun demikian, pelayanan kesehatan disediakan bagi semua warga negara, dan penduduk oleh suatu sistem campuran umum-swasta. Bagian umum adalah Servizio Sanitario Nazionale, yang dibentuk di bawah Kementerian Kesehatan, dan diserahkan untuk diurus oleh pemerintahan region.


Pemerintah

Italia telah menjadi republik sejak tahun 1946, ketika monarki dihapuskan. Konstitusi ini mulai berlaku pada tahun 1948. Negara ini dibagi menjadi dua puluh daerah politik, yang dibagi lagi menjadi provinsi.
Dewan legislatif Italia disebut parlemen (Parlamento), yang terdiri atas dua rumah, Senat (Senato della Repubblica) dan Kamar Deputi (Camera dei Deputati). Anggotanya semua dipilih untuk masa jabatan 5 tahun. Sekitar setengah lusin partai politik besar dan beberapa partai yang lebih kecil memiliki perwakilan di parlemen. Setiap kali pemerintah gagal memimpin mayoritas atau koalisi mayoritas, mereka harus mengundurkan diri dan penggantinya harus dibentuk.
Parlemen memilih presiden republik. Presiden berfungsi sebagai kepala negara untuk masa jabatan 7 tahun. Mantan presiden kemudian menjadi senator seumur hidup. Tapi kekuasaan eksekutif dipegang oleh Dewan Menteri, atau kabinet. Institusi ini dipimpin oleh seorang perdana menteri, yang dikenal sebagai presiden Dewan Menteri. Perdana menteri ditunjuk oleh presiden dan disetujui oleh parlemen. Anggota Dewan diusulkan oleh perdana menteri dan disetujui oleh presiden.


Bentang Alam

Italia berbatasan dengan Perancis di barat laut. Swiss dan Austria membentang di utara. Slovenia ada di timur laut. Italia adalah tanah pegunungan, dengan daerah dataran yang terbatas. Di utara, pegunungan besar Alpen berdiri seperti dinding benteng. Pegunungan Alpen mencakup gunung-gunung tertinggi di Eropa Barat, di antaranya adalah Mont Blanc (di Italia disebut Monte Bianco), Monte Rosa, dan Matterhorn (Monte Cervino), yang dibagi antara Italia, Perancis, dan Swiss. Monte Bianco de Courmayeur, puncak sekunder Mont Blanc, adalah titik tertinggi di seluruh Italia (4.748 meter).
Di selatan Alpen ada lembah Sungai Po. Lembah ini adalah dataran terbesar dan paling subur Italia. Jantung utaranya berisi kota-kota besar seperti Milan, Turin, Genoa, dan Bologna. Area yang lebih kecil dari dataran ini ada di Italia tengah. Wilayah ini mencakup kota-kota besar lainnya seperti Florence dan Roma.
Sebuah jaringan gunung yang disebut Apennine meluas seperti punggung di sepanjang semenanjung. Pegunungan ini dimulai di wilayah Liguria di barat laut dan membentang ke ujung “sepatu boot.” Apennine memotong “tumit” sepatu boot di barat daya. “Tumit” itu memiliki wilayah Apulia yang datar.
Kota pelabuhan besar Napoli mendominasi daratan Italia selatan. Dari sini, gunung berapi aktif Vesuvius dapat terlihat. Pulau-pulau terdekat Sardinia dan Sisilia bergunung-gunung. Sisilia memiliki gunung berapi aktif tertinggi di Eropa, Gunung Etna.
Sungai, Danau, dan Perairan Pesisir
Garis pantai yang panjang dari semenanjung Italia disapu oleh beberapa lengan Laut Mediterania, yakni Laut Adriatik dan Laut Ionia di timur serta Laut Tyrrhenian dan Laut Liguria di barat.
Sungai Po adalah sungai terpanjang dan terpenting di Italia. Panjangnya sekitar 652 kilometer. Sungai Po bermula di Pegunungan Alpen barat di wilayah Piedmont, melintasi dataran utara ke timur, dan bermuara di Laut Adriatik. Sungai Arno di Italia tengah mengalir ke barat melalui kota Florence sebelum mengosongkan diri ke Laut Liguria. Sungai Tiber mengalir di arah barat daya melalui Roma dan bermuara di Laut Tyrrhenian. Italia Utara memiliki danau spektakuler yang indah seperti Maggiore, Como, dan Garda. Daerah resor ini adalah tujuan wisata populer.
Iklim
Iklim di Italia sangat beraneka ragam, ini dipengaruhi oleh bentuk semenanjung yang besar, dan membujur, dan sebagian besarnya bergunung-gunung.. Lembah Sungai Po memiliki musim panas yang hangat dan basah. Musim dingin cukup dingin, dengan salju sesekali turun dan curah hujan yang cukup. Di selatan dan di pulau-pulau, musim dinginnya sejuk dan hujan. Musim panasnya cukup panas dan kering. Daerah pegunungan di daratan utama memiliki cuaca musim dingin yang keras. Wilayah selatan sering diterpa gempa bumi parah.
Sumber Daya Alam
Tanah Lembah Po yang kaya membentuk wilayah pertanian negara yang paling penting. Laut di sekitar semenanjung Italia memiliki berbagai ikan yang melimpah. Tapi Italia memiliki sumber daya alam yang terbatas. Batubara diperoleh dari Sardinia. Minyak bumi dalam jumlah biasa ditemukan di Lembah Po, Sisilia, dan daerah lainnya. Sejumlah besar gas alam juga ditemukan. Tapi Italia harus mengimpor bahan bakar untuk memenuhi sebagian besar kebutuhan industrinya. Sekitar 20 persen listrik Italia diperoleh dari pembangkit listrik tenaga air yang terletak terutama di Pegunungan Alpen dan Apennine.

Ekonomi

Pada tahun 1951, Italia menjadi salah satu anggota pendiri Masyarakat Eropa. Persatuan ekonomi dari negara-negara Eropa Barat ini sekarang dikenal sebagai Uni Eropa (UE). Dimulai pada akhir 1950-an, “keajaiban” ekonomi mengubah Italia, sebagian berkat bantuan dari Amerika Serikat.
Pada tahun 1970-an, Italia telah menjadi satu dari tujuh negara industri non-komunis terkemuka dunia. Pada awal 1990-an, produk nasional bruto (total nilai barang dan jasa) Italia bersaing dengan Inggris. Italia memiliki ekonomi pasar yang dicirikan oleh PDB per kapita yang tinggi, dan angka pengangguran yang rendah. Pada tahun 2010, Italia adalah ekonomi terbesar ke-8 di dunia, dan terbesar ke-4 di Eropa dalam hal PDB nominal, dan ekonomi terbesar ke-10 di dunia, dan terbesar ke-5 di Eropa dalam hal keseimbangan kemampuan berbelanja Italia adalah anggota pendiri G8zona Euro, dan OECD.

Jasa
Industri jasa Italia mempekerjakan hampir dua pertiga dari tenaga kerjanya. Pekerja jasa berkisar dari bankir dan broker real estate hingga guru dan pejabat pemerintah. Segmen terbesar terdiri atas bisnis seperti hotel dan restoran, yang mendukung pariwisata. Pariwisata adalah industri tunggal Italia yang paling penting.
Manufaktur
Hampir sepertiga dari tenaga kerja Italia bekerja di industri. Industri utama memproduksi mesin, baja, bahan kimia, makanan olahan, tekstil, kendaraan bermotor, pakaian, alas kaki, dan keramik. Kebanyakan manufaktur terkonsentrasi di utara, terutama di sekitar Turin, Milan, dan Genoa.
Pertanian
Kurang dari 30 persen lahan Italia digunakan untuk pertanian. Kebanyakan pertaniannya kecil dan dimiliki secara individual. Tanaman utama adalah buah-buahan dan sayuran, terutama tomat, zaitun, dan anggur. Italia adalah salah satu produsen anggur terkemuka di dunia. Kebun anggur melingkupi banyak bukit negara. Kentang, bit gula, kedelai, dan gandum dan biji-bijian lainnya tumbuh. Sapi dipelihara untuk diambil daging dan susunya, terutama di utara.
Perdagangan Luar Negeri
Mitra dagang terkemuka Italia adalah Jerman, Prancis, Amerika Serikat, Inggris, Spanyol, Belanda, dan Belgia. Barang-barang impor meliputi produk rekayasa, bahan kimia, peralatan transportasi, bahan bakar, dan mineral. Ekspor utama meliputi tekstil dan pakaian, mesin, kendaraan bermotor, bahan kimia, serta makanan dan minuman.
Transportasi
Frecciarossa, kereta super cepat, mampu melaju sampai 355 km per jam

Italia memiliki sekitar 19,500 kilometer jalur kereta api. Kereta api berkecepatan tinggi menghubungkan Roma dan Milan dengan kota-kota besar Eropa lainnya. Negara ini juga memiliki sekitar 773.000 kilometer jalan raya. Sebuah jaringan jalan bebas hambatan yang disebut autostrade membentang di sepanjang negara.
Italia memiliki lebih dari selusin pelabuhan besar dan pelabuhan kecil. Genoa, Trieste, dan Augusta adalah beberapa yang terbesar. Negara ini memiliki tujuh bandara internasional. Yang tersibuk adalah Leonardo da Vinci Airport di Fiumicino Roma. Maskapai penerbangan nasional adalah Alitalia.
Komunikasi
Lebih dari 350 stasiun televisi dan 4.700 stasiun radio dipancarkan di seluruh Italia. Dari 80 juta telepon yang terdaftar, dua pertiganya adalah telepon seluler. Italia memiliki 30 juta pengguna internet. Lebih dari selusin surat kabar harian beredar. Corriere della Sera, yang diterbitkan di Milan, dan La Repubblica, yang diterbitkan di Roma, memiliki jangkauan pembaca terluas.

Kota-kota Besar

Hampir tiga perempat dari populasi Italia tinggal di kota-kota besar atau kecil, terutama di utara. Italia selatan dan pulau-pulau selatan umumnya memiliki suasana yang lebih pedesaan. Tapi ada juga beberapa kota besar di selatan, yakni Napoli dan Bari di daratan utama dan Palermo di pulau Sisilia.
Castell Sant Angelo Roma
Roma adalah ibu kota dan kota terbesar di Italia. Kota ini ada di Sungai Tiber di Italia tengah, sekitar 26 kilometer dari pantai Laut Tyrrhenian. Roma memiliki populasi sekitar 2,6 juta (tidak termasuk Vatikan). Kota ini adalah ibukota wilayah Lazio. Dahulu Roma adalah pusat peradaban barat dan kini masih dihiasi oleh banyak kegemerlapan arsitektur dari masa lalu.
Milan

Milan, kota terbesar kedua di Italia, adalah ibukota wilayah Lombardia. Kota ini adalah jantung komersial dan keuangan Italia utara. Milan memiliki populasi sekitar 1,3 juta jiwa. Sebagai pusat industri utama, Milan memproduksi tekstil, bahan kimia, dan kendaraan bermotor. Kota ini juga merupakan pusat fashion dunia. Objek wisata di Milan yang populer adalah rumah opera La Scala. Katedral Milan adalah contoh arsitektur rumit Gothic.
Napoli

Napoli, kota terbesar ketiga di negara itu, adalah ibu kota wilayah Campania. Berfungsi sebagai pelabuhan utama, Napoli terletak di Teluk Napoli yang indah di Italia tengah selatan. Napoli didirikan pada tahun 600-an SM oleh kolonis Yunani. Mereka menyebutnya Neapolis (“kota baru”).
Florence

Florence, ibukota wilayah Tuscany, terletak di Sungai Arno di Italia tengah utara. Banyak bangunannya yang terkenal berasal dari periode Renaisans. Bangunan-bangunan tersebut antara lain Palazzo della Signoria (balai kota), galeri seni Uffizi dan Pitti, dan Katedral Florence.
Genoa

Genoa terletak di Teluk Genoa. Kota ini adalah pelabuhan utama Italia dan ibukota wilayah Liguria. Genoa mencapai puncak kekuasaan dan kemakmuran sebagai negara-kota merdeka di tahun 1200-an. Pada waktu itu, Genoa menguasai kerajaan besar yang membentang dari Mediterania ke Laut Hitam.

Venezia

Venezia dikenal karena kanal dan istana tua besar yang ada di sana. Venesia adalah salah satu kota paling indah dan unik di dunia. Kota ini adalah ibukota wilayah Veneto di Italia. Dibangun di laguna, Venesia terletak pada jalur sekitar seratusan pulau kecil yang dihubungkan oleh banyak jembatan. Dari Abad Pertengahan hingga awal zaman modern, Venesia adalah negara-kota komersial kaya yang mendominasi perdagangan dengan Timur.
Turin

Turin, kota utama di wilayah Piedmont, terletak di tepi kiri Sungai Po. Sebagai kota industri, Turin adalah tempat asal raksasa mobil Fiat. Turin adalah ibukota mantan Kerajaan Sardinia. Penguasa Sardinia, House of Savoy, kemudian menjabat sebagai raja Italia bersatu.

Warisan Budaya

Italia pernah menjadi pusat peradaban Barat. Negeri ini telah memberikan banyak kontribusi budaya abadi pada seni, bahasa, dan ilmu pengetahuan Barat.
Seni
Lukisan Mona Lisa (Karya Leonardo Da Vinci)

Lukisan Legend Of St. Francis 20 (Karya Giotto)

Contoh Arsitektur (Menara Pisa)


Seni Patung Neptunus

Pengaruh Italia pada arsitektur, lukisan, dan patung tak tertandingi. Selama Abad Pertengahan dan Renaisans, seniman Italia mendominasi dunia seni. Di antara para seniman Italia yang sangat berbakat adalah Giotto, Leonardo da Vinci, Michelangelo, Titian, Botticelli, dan Raphael. Italia juga telah memberikan kontribusi untuk seni modern. Pameran karya seniman kontemporer diadakan secara berkala.
Sastra
Orang Italia telah menciptakan karya-karya sastra besar. Di awal Abad Renaisans, bahasa Italia modern dibentuk dari dialek Tuscan lokal oleh tiga penulis brilian di Florence. Dante Alighieri menulis Divine Comedy, salah satu karya puitis dunia. Francesco Petrarch adalah seorang penulis soneta. Dan Giovanni Boccaccio menulisDecameron, koleksi cerita lucu. Di zaman modern, dramawan Luigi Pirandello menjadi orang Italia pertama yang memenangkan Hadiah Nobel di bidang sastra pada tahun 1934. Salvatore Quasimodo menerima Hadiah Nobel pada tahun 1959 atas puisi-puisinya.
Musik
Pentas Musik Opera

Italia disebut-sebut sebagai tempat kelahiran musik. Beberapa musik gereja terbesar ditulis di sana selama Abad Pertengahan dan Renaisans. Opera pertama berdiri di Italia pada tahun 1600-an. Hari ini, setiap kota besar memiliki gedung opera sendiri. Yang paling terkenal adalah La Scala di Milan dan San Carlo di Napoli. Kebanyakan orang Italia hafal melodi dan arias opera favorit dari komposer seperti Giuseppe Verdi dan Giacomo Puccini.
Ilmu Pengetahuan
Galileo Galilei

Italia telah memberikan kontribusi signifikan terhadap kemajuan ilmu pengetahuan. Ilmuwan Italia yang paling terkenal, Galileo Galilei, tinggal dan bekerja selama akhir Renaisans. Ia menemukan hukum yang mengatur gerakan pendulum dan kecepatan benda yang jatuh. Dia juga yang pertama menggunakan teleskop secara efektif. Galileo menemukan cincin planet Saturnus dan bulan-bulan Jupiter. Dia adalah salah satu ilmuwan pertama yang memahami bahwa matahari adalah pusat dari perputaran semua planet, bukan bumi.
Di zaman modern, Italia telah melahirkan dua fisikawan besar. Guglielmo Marconi, penemu radio, penerima Hadiah Nobel di bidang fisika pada 1909, dan Enrico Fermi, penerima Hadiah Nobel pada tahun 1938 atas karyanya dalam fisika nuklir, yang memulai Zaman Atom.